Tips Aman Berkendara Saat Musim Hujan

SERANG, SEBARAYA.COM – Musim hujan seringkali menjadi momok bagi para pengendara di jalanan. Banjir dan genangan air yang muncul secara tiba-tiba dapat menjadi tantangan serius bagi keselamatan berkendara. Bagaimana cara mengatasi kondisi tersebut dengan aman dan tepat? Berikut adalah beberapa tips dan trik yang bisa diikuti untuk melewati kondisi banjir dengan selamat.

Sebelum memulai perjalanan, pastikan untuk melakukan pemeriksaan menyeluruh pada kendaraan. Perhatikan kondisi ban, rem, bahan bakar, serta lampu-lampu pada sepeda motor. Memastikan bahwa semua komponen berfungsi dengan baik akan membantu mencegah masalah di tengah perjalanan.

Bacaan Lainnya

Pentingnya menyediakan jas hujan tidak boleh diabaikan. Cuaca yang tidak menentu dan perubahan kondisi secara mendadak dapat membuat Anda terjebak dalam hujan. Gunakan jas hujan yang aman dan nyaman, seperti jas hujan terpisah antara baju dan celana. Hindari penggunaan ponco atau jas hujan lebar yang berpotensi menyebabkan kecelakaan dengan tertangkap di roda belakang.

Ketika menghadapi jalan banjir, perlahan-lahan kurangi kecepatan kendaraan. Pastikan ketinggian air tidak melewati filter udara kendaraan untuk mencegah masuknya air ke dalam mesin yang dapat menyebabkan mogok. Menjaga laju kendaraan dan posisi riding yang stabil sangat penting untuk melewati genangan air dengan aman.

Tetap tenang dan jaga keseimbangan kendaraan dengan tidak memainkan gas secara berlebihan. Hindari pergerakan yang tiba-tiba agar motor tetap stabil di atas air. Kunci utama adalah menjaga kendaraan tetap terkendali dalam kondisi sulit tersebut.

Terakhir, untuk menjaga kondisi motor tetap prima, lakukan perawatan berkala di bengkel resmi Honda seperti AHASS. Gunakan suku cadang yang asli agar motor tetap awet dan nyaman dikendarai. Tetaplah mencari keamanan saat berkendara, BroSis!. (RST)

Silakan baca konten menarik lainnya dari Sebaraya.com di →

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *